Inilah Bacaan Dzikir Pagi Dan Petang

Inilah Bacaan Dzikir Pagi Dan Petang

Dalil-Dalil Al-Qur’an Mengenai Dzikir Atau Doa Di Waktu Pagi Dan Sore

باب ما يقال عند الصباح وعند المساء

Bab tentang dzikir yang dibaca pada waktu pagi dan petang

اعلم ان هذا الباب واسع جدا ليس فى الكتاب باب اوسع منه وانا اذكر ان شاء الله تعالى فيه جملا من مختصراته, فمن وفق للعمل بكلها فهى نعمة وفضل من الله تعالى عليه وطوبى له, ومن عجز عن جميعها فليقتصر من مختصراتها على ما شاء ولو كان ذكرا واحدا

Ketahuilah, bahwasanya pada pembahasan tentang hal ini sangat luas, saya akan menyebutkan sejumlah ringkasannya, bagi orang-orang yang dapat mengamalkan seluruhnya itu merupakan karunia dan keutamaan dari Allah Swt, maka beruntunglah dia, tetapi jika tidak mungkin diamalkan semuanya, maka hendaklah mengambil sebagiannya untuk diamalkan, meskipun hanya satu dzikir saja.

Baca Juga:

والأصل فى هذا الباب من القرآن العزيز قول الله سبحانه وتعالى وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ قَبۡلَ طُلُوعِ ٱلشَّمۡسِ وَقَبۡلَ غُرُوبِهَاۖ طه ١٣٠ وقال تعالى وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ بِٱلۡعَشِيِّ وَٱلۡإِبۡكَٰرِ ٥٥ غافر )  وقال تعالى وَٱذۡكُر رَّبَّكَ فِي نَفۡسِكَ تَضَرُّعٗا وَخِيفَةٗ وَدُونَ ٱلۡجَهۡرِ مِنَ ٱلۡقَوۡلِ بِٱلۡغُدُوِّ وَٱلۡأٓصَالِ الأعراف ٢٠٥ قال اهل اللغة: الآصل جمع اصيل: وهو ما بين العصر والمغرب. وقال تعالى وَلَا تَطۡرُدِ ٱلَّذِينَ يَدۡعُونَ رَبَّهُم بِٱلۡغَدَوٰةِ وَٱلۡعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجۡهَهُۥۖ  الأنعام ٥٢ قال اهل اللغة العشي: ما بين زوال الشمس وغروبها. وقال تعالى فِي بُيُوتٍ أَذِنَ ٱللَّهُ أَن تُرۡفَعَ وَيُذۡكَرَ فِيهَا ٱسۡمُهُۥ يُسَبِّحُ لَهُۥ فِيهَا بِٱلۡغُدُوِّ وَٱلۡأٓصَالِ ٣٦ رِجَالٞ لَّا تُلۡهِيهِمۡ تِجَٰرَةٞ وَلَا بَيۡعٌ عَن ذِكۡرِ ٱللَّهِ وَإِقَامِ ٱلصَّلَوٰةِ وَإِيتَآءِ ٱلزَّكَوٰةِ يَخَافُونَ يَوۡمٗا تَتَقَلَّبُ فِيهِ ٱلۡقُلُوبُ وَٱلۡأَبۡصَٰرُ ٣٧ وقال تعالى إِنَّا سَخَّرۡنَا ٱلۡجِبَالَ مَعَهُۥ يُسَبِّحۡنَ بِٱلۡعَشِيِّ وَٱلۡإِشۡرَاقِ ١٨

Adapun dasar yang menjadi dalil tentang dzikir di pagi hari dan petang adalah beberapa firman Allah dalam Al-Qur’an, antara lain:

Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang”. (QS. Thaha: 130)

Baca Juga:

Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi”. (QS. Ghafir: 55)

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai”. (QS. Al-A’raf: 205)

Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya. Kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka dan merekapun tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, (sehingga kamu termasuk orang-orang yang zalim)”(*). (QS. Al-An’am: 52)

Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang. laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang”. (QS. An-Nur: 36-37)

Baca Juga:

Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi”. (QS. Shad: 18)

(*) Saat Rasulullah Saw sedang duduk-duduk bersama orang mukmin yang dianggap rendah dan miskin oleh kaum Quraisy, datanglah beberapa pemuka Quraisy hendak bicara dengan Rasulullah, tetapi mereka enggan duduk bersama orang mukmin itu, dan mereka mengusulkan supaya orang-orang mukmin itu diusir saja, lalu turunlah ayat ini. (ir/kuliahislam)

Baca selanjutnya ke bagian 2 –> –> –>

Sumber: Kitab al-Adzkar an-Nawawiyyah hal. 62-63, Daru Ihya’