Inilah Manfaat Ilmiah di Balik Anjuran Sunnah Wudhu Sebelum Tidur

Inilah Manfaat Ilmiah di Balik Anjuran Sunnah Wudhu Sebelum Tidur

Wudhu tidak hanya dilakukaan saat kita akan melaksanakan shalat. Berwudhu juga sunnah dilaksanakan saat hendak tidur. Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa tidur pada malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaiakat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap “ya Allah, ampunilah hamba-Mu, si Fulan, karena ia tidur pada malam hari dalam keadaan selalu suci”. (HR. Ibnu Hibban)

Kendati aktivitas wudhu adalah hal yang sederhana, tetapi ia memiliki manfaat yang sangat besar. Para ulama fiqih menjelaskan hikmah wudhu sebagai upaya menjaga atau memelihara kebersihan fisik dan rohani.

Kita tahu, saat berwudhu beberapa panca indra, seperti mata, hidung, telinga, dan anggota tubuh lainnya terkena air wudhu, tanpa terkecuali.

Penjelasan dan argument yang bersumber dari hadits dan ulama-ulama sangat banyak. Selain hadits tersebut, terdapat riwayat lain yang menganjurkan hal yang sama, seperti sabda rosulullah saw “apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat” (HR. Bukhori dan Muslim).

Ibnu Hajar menyebutkan hikmah wudhu sebelum tidur, yakni agar seseorang tidur dalam keadaan apabila kematian menjemputnya ia mati dalam keadaan yang sempurna.

Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa dalam tidur pun manusia harus siap menghadapi kematian dengan menjaga kesucian, terutama hati.

Baca Juga:

Pendapat senada juga disampaikan oleh Imam Nawawi, dalam Syarah Shahih Muslim, yang menyebutkan salah satu hikmah berwudhu sebelum tidur adalah takut kalau ia meninggal mendadak pada malam hari, saat tidur.

Ibnu Abbas Ra. Juga pernah berkata, “janganlah engkau tidur kecuali dalam kondisi suci atau berwudhu, karena arwah akan dibangkitkan sesuai dengan kondisi saat ia dicabut.

Selain tujuan tersebut, sunnah berwudhu sebelum tidur juga baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut?

  1. Merilekskan otot-otot

Manusia dilahirkan untuk hidup dan berusaha (beraktivitas dan bekerja) agar dirinya tidak sia-sia. Maka, tidak heran jika banyak orang yang enggan berdiam diri seharian di rumahnya, meskipun tidak menutup kemungkinan ada yang menyukainya (berdiam diri).

Namum, fitrah manusia adalah bergerak atau beraktivitas untuk mengisi kesibukannya. Baik bentuk ibadah, usaha (bisnis) maupun bekerja.

Adanya aktivitas yang dilakukan tersebut, otomatis memakan banyak tenaga dan energi. Maka, manusia butuh istirahat, dalam arti membutuhkan jeda untuk bersantai dan tidak beraktivitas secara terus menerus.

Pada titik inilah untuk merilekskan sangat dibutuhkan, terutama otot-otot agar kembali normal. Untuk mengembalikan kenormalan otot-otot dan merilekskan otak, salah satunya dengan cara berwudhu sebelum tidur.

Air wudhu ternyata bisa menjadi salah satu metode atau cara untuk merilekskan otot-otot yang kaku.

  1. Solusi bagi penderita insomnia

Sebagian orang pasti pernah mengalami penyakit susah untuk tidur atau sering dikenal dengan sebutan insomnia. Tentunya penyakit ini sangat mengganggu aktivitas untuk istirahat.

Insomnia merupakan gangguan yang terjadi pada seseorang yang tidak mendapatkan cukup tidur atau tidur yang restorative, dikarenakan suatu faktor. Intinya, insomnia merupakan ketidakmampuan mencukupi waktu tidur.

Adapun jenis insomnia itu terdapat tiga, yaitu sebagai berikut:

  1. Insomnia inisial, yaitu ketidakmampuan seseorang memulai tidur
  2. Insomnia intermiten, yaitu ketidakmampuan mempertahankan tidur atau keadaan sering terjaga dari tidur
  3. Insomnia terminal, yaitu bangun terlalu dini sehingga sulit untuk tidur lagi.

Ilmu kedokteran menganjurkan bagi orang yang memiliki penyakit insomnia agar menciptakan suasana nyaman di tempat tidur.

Insomnia merupakan gejala yang ditimbulkan karena kelainan emosional, pengaruh obat-obatan yang berlebihan, dan adanya tekanan psikologi yang terlalu berat.

Anjuran menciptakan tidur yang nyaman sebenarnya hal ini selaras dengan anjuran rosulullah saw. Agar berwudhu sebelum tidur. Wudhu tidak hanya sebagai pencuci diri, tetapi juga sebagai terapi relaksasi bagi ketenangan jiwa dan pikiran manusia.

Hasil percikan air wudhu yang mengenai sebagian anggota tubuh akan memberikan rasa sejuk, tenang, damai, dan tentram.

Sehingga, perasaan ini akan ditransformasikan ke seluruh anggota tubuh yang lain, dan pikiran akan tunduk kepada rasa tersebut.

  1. Mencerahkan kulit wajah

Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah, karena air wudhu bisa menghilangkan noda dan kotoran di kulit.

Kotoran-kotoran yang menempel tersebut akan larut bersama air yang mengenai wajah, sehingga muka akan tampak bersinar, cerah, dan bersih.

Selain itu, wudhu dapat menghilangkan keringat dan membersihkan kulit dari lemak yang dipartisi kelenjar kulit, keadaan lemak yang telah dipartisi tersebut biasanya menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Adapun do’a sesudah wudhu adalah

do'a sesudah wudlu

 

 

 

 

 

Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah dan tidak ada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusanNya, Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku orang dari golongan hamba-hambaMu yang shalih.”

(novia/kuliahislam).

Baca Juga:

SUMBER:

Abdurrahim. 2013. Tuntunan Shalat Lengkap. Jakarta: Sandro Jaya.

Haviva A.B. 2015. Fakta Ilmiah Amal Sunnah Rekomendasi Nabi. Yogyakarta: Sabil.